Rabu, 10 April 2013

SMK Geologi Pertambangan Tenggarong




PENERIMAAN SISWA BARU, SMK GEOLOGI PERTAMBANGAN, TAHUN AJARAN
 2013/2014
YAYASAN PENDIDIKAN LATIMOJONG KUTAI KARTANEGARA
SMK GEOLOGI PERTAMBANGAN TENGGARONG
SEKOLAH UNGGULAN KOMPETITIF DAN BERMARTABAT
Alamat :
Jl. Mawar III RT.XIII No. 27 Sukarame Tenggarong (Depan lapangan Pemuda)
Phone : 0541 – 7915211, 081257490934
Fax. 0541-6667082
Email : smk_geoper_tgr@yahoo.com
Website:
www.smk-geopertambangan-tgr.sch.id
Blog Support :
www.smk-geoper-tgr.tk

PROSPEK JURUSAN DI
SMK GEOLOGI PERTAMBANGAN

1. Geologi Pertambangan
Program Studi Geologi Pertambangan mengemban tugas dan fungsi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam bidang Geologi dan Pertambangan. Pembangunan dalam rangka memperoleh sumber daya bumi (mineral, air, minyak bumi dsb), perancangan dan perencanaan bangunan (gedung, bendungan, dsb) membutuhkan data-data geologi yang akurat. Untuk itu dibutuhkan tenaga-tenaga ahli geologi pertambangan yang profesional dan berwawasan lingkungan. Dalam kedudukannya sebagai Sekolah Menengah Kejuruan yang mandiri, Program Studi Geologi
Pertambangan merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertanggung jawab menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, kecakapan dan keterampilan dalam pengembangan/penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Program Studi Geologi Pertambangan adalah suatu program pendidikan yang mempelajari dan mengembangkan masalah-masalah yang berkaitan dengan bentuk muka bumi, material penyusun bumi, proses-proses dinamika bumi dan sejarah bumi serta geologi terapannya seperti geologi minyak dan gas bumi, geologi teknik, hidro geologi, geologi tata lingkungan, geologi tambang dan lain-lain. Pada saat ini kurikulum geologi pertambangan mengacu pada Kurikulum Inti ditambah Kurikulum muatan lokal pada Bidang Sumber Daya Pertambangan. Pelaksanaan pendidikan menggunakan sistim Semester dengan jumlah 6 semester dan lama pendidikan 3 tahun. Ujian Kompetensi berupa pemetaan geologi, pemetaan topografi dan perencanaan tambang serta Praktek Kerja Industri di Perusahaan Pertambangan.
Fasilitas
Pada saat ini Progran Studi Geologi Pertambangan telah memiliki alat praktik senilai 3 Milyard rupiah, didukung oleh Instruktur yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di industri pertambangan.
Prospek Lulusan
Lulusan Geologi Pertambangan bekerja hampir di semua perusahaan pertambangan batubara dan industri penunjang pertambangan serta jasa konsultan teknik pertambangan.
Sampai saat ini Program Studi Geologi Pertambangan telah meluluskan lebih dari 800 orang alumni.

2. Teknik Perminyakan
Program Studi Teknik Perminyakan merupakan satu satunya program studi yang ada di kalimantan dan nomor 2 di Indonesia. Mendidik siswa minjadi tenaga level menengah perminyakan dengan menyiapkan peserta didik menjadi operator level 1 dan level 2 tenaga perminyakan yaitu operator lantai pemboran minyak dan operator Menara pemboran minyak bumi. Dalam pendidikan jurusan ini SMK Geologi Pertambangan berkerjasama dengan Akamigas Cepu untuk sertifikasi keahlian di level 1 dan level 2 perminyakan, dan disupport oleh ITB Bandung dan UPN Veteran Yogyakarta.
Program Studi Teknik Perminyakan adalah suatu program pendidikan yang mempelajari dan mengembangkan masalah-masalah yang berkaitan dengan minyak dan gas bumi, pemboran minyak dan gasbumi dan keahlian dilevel 1 dan level 2 operator Migas. Pada saat ini kurikulum Teknik Perminyakan mengacu pada Kurikulum Inti sesuai dengan Spektrum keahlian yang di persyaratkan oleh Kemdiknas. Pelaksanaan pendidikan menggunakan sistim Semester dengan jumlah 6 semester dan lama pendidikan 3 tahun. Ujian Kompetensi berupa Pengeboran minyak di rig darat dan rig laut perusahaan migas yang didukung oleh kementrian energi dan sumberdaya mineral serta Praktek Kerja Industri di Perusahaan Perminyakan.
Fasilitas
Pada saat ini Progran Studi Teknik Perminyakan telah memiliki alat praktik yang lengkap berkerjasama dengan perusahaan migas yang ada di Blok Mahakam seperti Total Indonesie, Pertamina EP Sangatta, Balikpapan, Slumberger, VICO, UNOCAL dll yang didukung oleh Instruktur yang berpengalaman di industri migas lebih dari 10 tahun.
Prospek Lulusan
Lulusan Teknik Perminyakan dapat bekerja hampir di semua perusahaan perminyakan dan industri penunjang migas serta jasa konsultan teknik perminyakan.

3. Teknik Otomotif Kendaraan Ringan dengan muatan lokal teknik sepeda motor
Pertambahan jumlah kendaraan dewasa ini mencapai angka yang mencengankan, di seluruh Indonesia mencapai jutaan unit tiap tahunnya, baik untuk penggunaan pribadi maupun perusahaan atau instansi pemerintah. Hal ini tentunya akan diiringi dengan bertambahnya kebutuhan tenaga teknis terampil yang memiliki kemampuan dalam teknis pemeliharaan, service dan overhau kendaraan. Program studi teknik otomotif kendaraan ringan akan mendidik siswa menjadi tenaga teknis terampil dalam bidang otomotif, sehingga nanti keluaraanya akan mampu melakukan prosedur perawatan, overhaul dan service kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Teknik kendaraan roda dua dan dasar-dasar alat berat akan diberikan sebagai muatan lokal untuk melengkapi pengetahuan siswa dalam bidang otomotif
Fasilitas.
Saat ini jurusan otomotif telah memiliki workshop untuk praktek, dengan alat praktek yang lengkap berupa alat praktek mobil, pengelasan dan sepeda motor. Selain itu kami juga telah memiliki unit produksi berupa bengkel sepeda motor, yang dapat berfungsi sebagai tempat praktek secara langsung bagi siswa, sekaligus dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi sekolah, guru maupun siswa.
Prospek Jurusan
Alumni teknik otomotif dapat bekerja sebagai tenaga teknis untuk kendaraan di perusahaan-perusahaan tambang maupun perkebunan. Selain itu, mereka juga memiliki peluang yang besar dalam membangun usaha yang berkaitan dengan dunia otomotif, misalnya membuka usaha perbengkelan. Demikian pula bagi mereka yang ingin mengembangkan kemampuan, terbuka kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

4. Teknik Ketenagalistrikan
Teknik Tenaga Kelistrikan meliputi materi tentang cara pemasangan instalasi listrik yang standar dan pemanfaatannya terhadap peralatan – peralatan listrik. Untuk muatan lokal teknik pembangkit tenaga listrik materi meliputi pengetahuan tentang prinsip kerja motor, prinsip kerja generator dan penyetingan generator sinkron pada rangkaian generator pararel.
Fasilitas :
Saat ini jurusan Teknik instalsi listrik telah memiliki workshop untuk praktek, dengan alat praktek yang lengkap berupa genset, mesin motor listrik dan instalasi listrik.
Prospek jurusan :
1. Dapat bekerja di bidang ketenagalistrikan pada perusahaan perusahaan seperti perusahaan migas, batubara, perkebunan, kontruksi dan lain – lain.
2. Pada kelas X, siswa dijamin mampu memasang instalasi listrik rumah tangga dan instalasi lainnya yang selevel.
3. Pada kelas XI, siswa dijamin dapat memasang instalasi pembangkit sampai ke beban dan dapat mengoperasikannya.
4. Pada kelas XII, Siswa dijamin mampu menyervis peralatan rumah tangga.

5. Teknik Otomotif Alat Berat
Jurusan Teknik Otomotif Alat Berat mempelajari komponen komponen alat berat, jenis – jenis alat berat, cara pemeliharaan alat berat, servis ringan alat berat dan overhoul alat berat
Jenis – jenis alat berat yang dimaksud seperti : Dump Truck, Excavator, Bulldozer, HD, Greder, Compactor dan lain lain.
Fasilitas :
Saat ini jurusan Teknik otomotif alat berat telah memiliki workshop untuk praktek, dengan alat praktek yang lengkap, yang didapatkan dari hibah perusahaan perusahaan tambang di Kutai Kartanegara.
Prospek Jurusan
1. Jaminan Keilmuan : Siswa mampu melakukan pemeliharaan alat berat, servis ringan alat berat dan overhaul alat berat.
2. Jaminan berkerja di perusahaan – perusahaan Pertambangan, perkebunan, kontraktor alat berat, kontraktor houling batubara, Kontraktor sipil dll.

Informasi Lebih Lanjut
Dapat Menghubungi
Panitia Pendaftaran Siswa Baru
SMK GEOLOGI PERTAMBANGAN
Jl. Mawar III No. 27 Tenggarong
(Samping Lapangan Pemuda)

Contact Person:
0541 - 7915211
Supardi SPd 081347167083
Setyo Budiwiwoho, ST 08125326290
Andi Jusjaya, ST 081264157192
H. Ahmad Yani, ST., MSi 085332600072
Suardi, ST 085250209088

Tidak ada komentar:

Posting Komentar